Batman Begins - Diagonal Resize 2 -->

Wednesday, October 7, 2015

Pengertian Informasi, Perbedaan Data dan Informasi


Saya ingin menulis sebuah artikel mengenai  Informasi dan Perbedaan Data dengan Informasi



 Informasi dan Perbedaan Data dengan Informasi

Pengertian  informasi  adalah  data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih
berarti bagi yang menerimanya.Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak 

dari bentuk tunggal datum atau data item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu 

kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.



Perbedaan Antara Data dngan Informasi :

Setiap sistem informasi diawali dengan DATA dan diakhiri dengan INFORMASI

*  Data adalah fakta yang sudah tercatat secara sempurna atau yang akan selesai pencatatannya pada masa datang menyangkut peristiwa-peristiwa tertentu. Fakta-fakta ini kadang-kadang berdiri sendiri, tidak berkaitan satu sama lain dan tak terbatas jumlahnya. Data juga didefinisikan sebagai masukan atau bahan mentah bagi informasi.
Dengan kata lain, data adalah kumpulan fakta dan hasil observasi yang sudah dihimpun dari komunitas statistik tertentu dan sudah selesai pemasukannya ke dalam komputer untuk diolah dan dikeluarkan hasilnya. Contoh-contoh data adalah: nama, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, pendapatan rata-rata, dan lain-lain.
* Informasi adalah hasil pengolahan data atau kumpulan hasil yang sudah didapat dari komputer. Dengan kata lain, informasi adalah kumpulan data yang sudah dihimpun dan diolah dengan metode apa saja sehingga siap-pakai atau bermanfaat bagi resipien atau penggunanya. Dengan demikian, informasi merepresentasikan output dalam sistem informasi dan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang berlainan.
* Pengguna informasi memasukkan data ke dalam komputer, mengolah, dan mengurutkannya. Kemudian ia melakukan langkah-langkah tertentu terhadap datanya sehingga dapat menghasilkan informasi yang berharga dan bermanfaat. Setiap kumpulan informasi pun menjadi ilmu pengetahuan. Inilah tugas terakhir informasi. Informasi terbaru ini digunakan untuk memperkuat dan mengoreksi informasi sebelumnya sekaligus untuk melengkapi fakta-fakta atau gagasan baru bagi penerima dan pengguna informasi.
*Biasanya, sesuatu yang merupakan data dalam bentuk angka, tabel dan grafiks kadang-kadang bisa menjadi informasi dalam bentuk teks, frase, dan gambar-gambar ilustratif. Data bisa berupa teks, angka, gambar atau bentuk apa pun


Sumber :
-   https://abiderry.wordpress.com/perbedaan-antara-data-dengan-informasi/  
-   http://www.ilmumanajemen.com/index.php?        option=com_content&view=article&id=55:psi&catid=39:msi&Itemid=57

Mohon Maaf Apa Bila Ada Salah - Salah Kata Dengan Tulisan Di Atas
Mohon Saran dan Kritiknya

TERIMAKASIH











No comments:

Post a Comment